PENGHIJAUAN DENGAN IRIGASI GONDOK

 

Oleh: Rasmi R,SSt.MSi

Penghijauan adalah suatu upaya manusia untuk menananm kembali suatu kawasan yang gundul, baik karena penebangan atau kebakaran hutan. Penyebab utama dari gundulnya hutan adalah kurang tersedianya air tanah dalam menunjang tumbuhnya tanaman.
Apakah upaya yang harus dilakukan ?
Yang paling tepat adalah menanam kembali, namun permasalahannya apakah pohon yang ditanam bisa tumbuh dalam jumlah yang memuaskan ?. dari pengalaman dilapangan lebih banyak yang mati dari yang hidup, namun yang dilaporkan hanya jumlah yang ditanam bukan jumlah yang sudah hidup atau yang ditumbuhkan.
Bagaimana cara yang paling baik agar tanaman yang ditanam dilahan gersang bisa tumbuh dengan baik ?. Caranya adalah dengan rekayasa pengairan yaitu “ Irigasi Gondok”, teknik ini diciptakan untuk menagatsi keringnya bibit sebelum akarnya tumbuh dan dapat menyerap air dari tanah.
Teknologi ini diindikasikan pertama di dunia, karena sistem irigasi lainnya tidak memungkinkan. Sebagaimana diketahui bahwa lahan gundul sudah dipastikan sumber airnya terbatas atau jauh dari lokasi.
Bagaimana cara kerjanya ?
Bahan yang perlu disiapkan adala kantong plastik ukuran 15 cm X 30 cm, potong bahagian bawahnya agar bolong. Kemudian potong plastik ukuran yang sama dengan ukuran 2 cm x 30 cm yang akan digunakan sebagai tali pengikat. Agar menjadi panjang anda dapat menariknya supaya mudah dijadukan sebagai pengikat.

Ukuran palstik diatas cocok untuk ukuran bibit dengan diameter batang 1 cm, kalau yang lebih kecil ukurannya dapat disesuaikan agar batang jangan patah.
Setelah bibit siap tanam, buang semua daun utukmengurangi penguapan, cukup sisakan pucuknya saja. Masukan kantong plastik tadi dari arah pucuk sampai ke pangkal batang, sekitar 10 cm dari permukaan tanah, ikatlah ujung plastik arah bawah dengan kuat agar tidak bocor.

Langkah selanjutnya anda dapat mengisi air setengahnya, lalu tarik keatas sehingga berbentuk lonjong dan ikat yang kuat agar tidak melorot atau bocor. Air ini akan dapat bertahan 3 bulan kalau tidak terjadi kebocoran, tanaman akan menyerap air ini melalui kulit batang sebelum akarnya berfungsi dengan baik.
Prinsip dasar dari Irigasi Gondok ini adalah merendam bahgian batang tanaman sambil menanam di lahan kebun
Kalau tanaman sudah tumbuh, irigasi gondok harus dibuka, kalau tidak batangnya bisa patah karena batang tertekuk tekanan tali pengikat. Dari ujicoba dilapangan daya tumbuh tanaman mencapai 85 %, anda tertarik silakan mencobanya agar bumi kita jadi hijau sehingga kita selamat dari bencana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: