LAMPU LISTRIK DI TEMPAT TERPENCIL

Oleh: Rasmi R, S.St.M.Si

Coba anda bayangkan anak-anak kita yang masih sekolah, namun tinggal didaerah pinggiran yang hanya bisa dilewati kenderaan roda dua. Jangankan jaringan listrik jalan dengan motor saja susah, kalau malam tiba, gelap gulita disekitar pekarangan,hal ini akan sangat berpengaruh kepada minat belajarnya, sebab penerangannya hanya dengan lampu teplok yang menerangi secara samar-samar.

Bisakah mereka menikmati penerangan listrik ?, tentu saja bisa kalau tahu caranya !

Kita bisa memanfaatkan kenderaan roda 2 (motor)  yang sudah umum dimiliki sampai kedaerah terpencil sekalipun, yang dimanfaatkan adalah baterainya(accu 12 volt) yang biasa digunakan untuk starter. Kalau malam biasanya kenderaan ini hanya diparkir, namun energinya tersimpan dalam baterei. Energi inilah yang kita gunakan untuk penerangan dengan memasang lampu TL (neon) DC 20 wat, 8 wat . Biasanya akan tetap menyala dari jam 18 sampai jam 2 malam, cukup lumayan untuk belajar anak-anak, sehingga minat belajarnya tinggi dan tidak terlalu teringgal oleh anak-anak lain

Anda tak perlu kwatir kalau batereinya suak (habis) karena besok pagi setelah dicabut kabelnya, diengkol lalu jalan seperti biasa sambil ngecas baterei secara otomatis.  Nanti malam sambung lagi seperti biasa, begitulah seterusnya.!!

Kenapa selama ini kita tidak memanfaatkannya ???, karena kita tidak jeli melihat potensi suatu benda,selain manfaat utamanya. Karena sepeda motor bagi kita hanya untuk transportasi, bukan untuk penerangan, jangan disesali kita terbelakang dari negara lain.

Bangsa kita bukanlah bangsa yang bodoh melainkan bangsa yang terlambat tahu,kita bukan negara miskin, melainkan bangsa yang terlambat tahu tentang kekayaan alamnya

” Buatlah sesuatu hal yang tidak penting menjadi hal yang penting, akibatnya anda akan menjadi orang penting (orang yang bejasa)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: