INFUS TANAMAN, PENGENDALIAN ULAT BULU SECARA PRAKTIS

0leh: Rasmi R, S.St, M.Si

Ulat bulu meupakan larva dari kupu-kupu yang kita lihat sehari, kalau diamati jenis dari larva ini sangat banyak spesiesnya.  Pada dasarnya semua ulat akan memakan bahagian dari tanaman, terutama daun, ranting ,batang ataupun kulit dari tanaman. Dari sekian banyak spesies, yang sangat ditakuti adalah larva yang mempunyai bulu yang mengadung racun, dapat menimbulkan gatal-gatal atau rasa perih di kulit seperti kena api. Biasanya jenis ulat bulu yang sangat berbisa adalah berwarna kuning keemasan dan perawakanya agak berdiam diri.

Namun kita tak perlu membahas jenisnya, yang penting bagaimana cara praktis untuk membasminya. Kalau dengan penyemprotan kurang efesien karena pohon yang terserang relatif tinggi.

Bagaina cara pengendaliannya ?…..

Pertama sekali harus dipilih insektisida yang berdaya racun sistemik, yaitu racun menyerap kedalam batang. Dari pengalaman yang dilakukan racun yang paling ampuh adalah  Curater yang diproduksi Bayer, racun ini berbentuk butiran, biasa dipakai untuk hama sundep yang menyerang padi sawah dengan cara ditabur bersama pupuk.

Untuk pohon caranya adalah dengan melarutkan ½ sendok teh kedalam botol plastik 250 ml (dapat dipakai botol aqua atau sejenisnya. Aduk sampai larut, kemudian lobangi tutup botol dan tancapkan selang bekas infus.

Berikutnya bor pohon yang terserang dengan posisi 45 derajat sedalam 7-10 cm dengan diameter 1 cm. Gantung botol dengan posisi terbalik, atur selang agar menetes perlahan, lalu masukan ujung selang ke lobang yang sudah disiapkan dan sumbat lobang dengan gabus atau karet sendal jepit agar agar cairan tidak meleleh keluar batang.

Cairan akan diserap tanaman melalui pembuluh xylem (pembuluh kayu), selanjutnya sampai kedaun dan diedarkan keseluruh bagian tanaman melalui pembuluh pluem (pembuluh balik) sehingga seluruh bagian tanaman akan beracun. Biasanya 1 x 24 jam ulat akan berjatuhan dan mati. Anda tak perlu takut lagi dengan serangan berikutnya karena daya racunnya relatif lama, cukup mudah bukan !!!,  takut sama ulat jangan pohon yang ditebang !!

Gambar Cara Pemasangan infus

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Catatan: insektisida merek lain juga bisa dipakai, yang penting cara kerjanya sistemik (meresap kedalam tanaman), ini dapat dilihat dari petunjuk teknisnya

Kontak person : 081374117225

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: