Editing Video Penyuluhan Perikanan

 

Oleh : Rasmi R, S.St.M.Si

Deru mesin kapal dan gemercik air laut diburitan kapal memcah suasana malam itu,dengan diiringi alunan musik legendaris Koes Plus dengan judul “ kolam susu” semua mata terpana tanpa kedip kearah yang sama.  Telinga mereka siaga mendengarkan narasi yang begitu menggugah, seutas tali ditarik derek mesin menuju keatas kapal.  Namun secara tiba-tiba munculah seekor binatang besar, dengan cekatan kru kapal menghantam kepala binatang tersebut, lalu diangkat keatas dek.

“Aduh !! gede banget , ikan apa ini !!!”, pegang yang kuat, kata mereka serempak, seakan akan mereka ada diatas kapal, padahal mereka hanya sedang menonton video penyuluhan yang berjudul “Penangkapan Tuna “ yang ditayangkan melalui proyektor.  Para nelayan yang menonton begitu hayut dengan suasana,seolah  mereka yang jadi pelaku padahal mereka hanya para nelayan jalur I dan jalur II.  Mungkinkah mereka diajak ke ZEE untuk belajar  menangkap tuna ?, rasanya sangat berisiko dan memakan biaya yang besar, namun kita ingin merobah cara berfikir mereka kearah ini.  Adakah cara yang paling efesien dan efektif, ya !! jalan satu-satunya adalah dengan tayangan video

Apakah mungkin video teknologi penangkapan dan budidaya serta pengolahan ikan dapat dibuat oleh penyuluh ?, tentu saja bisa.  Hal ini sangat memungkin sekali karena sudah bekembangnya teknologi digital saat, termasuk camera video yang berat hanya 800 gram saja.  Sekarang yang jadi permasalahan adalah bagaimana menyusun (editing) dan memformat klip video yang gambarnya tidak berurutan pengambilanya. Atau gambarnya sudah pada format DVD ataupun VCD.

Dalam dunia ertaiment mungkin ini sudah tak asing lagi, namun di dunia penyuluhan perikanan rasanya masih belum populer. Boro-boro mau ngedit video pegang mouse saja masih ada penyuluh yang tidak bisa, namun karena tuntutan zaman tidak ada salah teknologi ini dipahami dan diterapkan dilapangan.

APA ITU EDITING VIDEO

Editing vedio merupakan suatu proses, merangkai/menyunting potongan gambar video menjadi satu kesatuan sehingga menjadi suatu alur cerita yang menarik dan dapat menyampaikan pesan dan memuat unsur hiburan (enertaint). Video yang dihasilkan harus memuat unsur seni sehingga tidak membosankan, namun pesan terkandung didalamnya tetap utuh.

APA SAJA YANG DIBUTUHKAN

Dalam melakukan proses editing kita memerlukan peralatan, secara umum bisa dibagi dua bahagian, yang pertama hardware yaitu seperakat koputer dan yang kedua adalah software yaitu berupa program yang dibuat untuk itu (editing). Untuk perangkat komputer yang digunakan perlu disesuaikan dengan software yang kita pakai, dalam bahasan ini penulis memakai software Ulead Studio 11 Plus.

APA YANG HARUS DIMULAI

Setelah semua persyratan dipenuhi, lalu instalah software kedalam PC anda, kalau sudah selesai berarti anda sudah bisa memulai proses editing. Kalau anda mengalami kesulitan dalam melakukan instal, mintalah bantuan teknisi agar proses instal benar –benar sempurna sehingga anda nyaman dalam bekerja.  Jangan lupa membuat sortcut pada desktop agar mudah membuka program.

BAGAMANA MENJALANKAN PROGRAM ULIED  STUDIO 11. PLUS

Setelah selesai instal, klik ganda icon Ulead, tungu sampai selesai loading, maka akan muncul menu utama (gambar.1)

 

 

 

 

 

Kliklah menu Video Studo Editor, maka akan munculah menu berikutnya, lihat gambar. 2

 

 

 

 

 

 

Klik File pada menu bar, sorot Insert Media File to Timeline dan klik insert video, lihat gambar 3.

 

 

 

 

 

 

Maka secara otomatis video yang akan diedit akan masuk, lihat gambar 4.

 

 

 

 

 

 

Video yang dimasukan atau yang mau diedit berjudul “Memancing di Selat Makasar”, atau disebut juga Video sumber (source), ini bisa bersal dari file atau dari VCD/DVD melalui DVD drive (drive “F”).

Dalam mengambil sumber tidaklah terbatas pada sebuah VCD/DVD, bahkan juga bisa diambil dari gambar  format JPEG, BMP dan lainnya, biasanya hanya bisa dibuat berupa gambar diam ( still image ).  Walaupun demikan kita dapat menyusunnya berupa foto slide, namun dalam format VCD/DVD dan dapat diputar dengan VCD/DVD player dan tentunya sudah diberi narasi yang sesuai dengan judul yang ditayangkan.

Untuk memotong gambar ada bebrapa pilihan antara lain :

  1. Klik tahan joystik dan lepaskan pada momen yang kita inginkan, klik ikon gunting, maka gambar lansung terpotong.
  2. tekan tombol play dan stop pada momen yang kita butuhkan, lalu tekan ikon gunting.
  3. Klik time code (second/detik) dan klik tanda panah maju (mengarah keatas), maka gambar akan maju ketika kita klik dan hentikan setelah batas yang kita inginkan.
  4. Kliklah ikon gunting maka gambar akan terpotong.
  5. Buanglah bahagian gambar yang disukai dengan cara memblok, lalu tekan delet dan gambarpun terhapus
  6. Kalau sudah semuanya tersusun sesuai dengan skenario, maka langkah selanjutnya adalah memasukan suara atau narasi.

APA ITU NARASI ?

Narasi adalah suara yang memberikan penjelasan tentang gambar yang sedang tampil, fungsinya adalah untuk lebih memperjelas adengan yang sedang berlangsung agar pemirsa lebih memahami.

BAGAIMANA MEMASUKAN SUARA ?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan merekam suara secara terpisah dengan format MP 3, WAV atau format lainnya.  Sebelumnya tentu sudah disiapkan teks sedemikian rupa dan narator harus dilatih terlebih dahulu agar intonasinya lebih indah. Rekamlah suara sesuai dengan adengan yang tertayang dan diberi nama file atau nomor urut adengan.

Kalu semuanya sudah selesai, balik lagi ke proyek yang kita kerjakan, klik tombol audio

 

 

 

 

 

 

Klik insert audio dan pilih folder penyimpan rekaman dan masukan ke Library.  Setelah semua selesai, masukan file suara sesuai dengan urutan gambar  dengan cara klik kiri tahan dan tempatkan pada slig yang bergambar mikrofon.  Demikian selanjutnya sampai selesai, kalau sudah selesai dapat dites dengan menekan tombol play.  Kalau kurang tepat, dapat digeser kekiri dan kekanan dengan cara klik tahan.

BAGAMANA MEMASUKAN MUSIK ?

Cara memasukan musik tidak jauh beda dengan memasukan suara, bedanya musik biasaya sudah tersedia,baik dalam bentuk, MP 3, WAV dll.  Kita tinggal memasukannya kedalam library dan plih satu persatu sesuai dengan selera dan  adengan yang berlangsung.

Suara musik dapat di stel sesuai dengan adengan yang berlansung dengan menarik garis grafik suara keatas dan kebawah.

BAGAIMANA CARA MEMBUAT TITEL ?

Titel atau teks biasaya sangat medukung dalam suatu tayangan video, selain mempertegas juga dapat memperindah tampilan, bagaimana caranya ?. Kliklah tombol titel, pilih model yang diinginkan pada menu yang disediakan dan aturlah ukuran huruf, warna dan animasi huruf.  Kliklah semua menu yang tersedia disana agar didapatkan yang sesuai selera dan masukan dengan klik tahan, sama dengan proses memasukan musik atau suara.  Kalau sudah selesai semuanya coba mainkan dengan menekan tombol play maka selesailah editing sebuah video penyuiluhan.  Tugas selanjutnya adalah merender hasil kerja kita, hasil render bisa berbentuk VCD, DVD atau format lainnya sesuai kebutuhan.  Hasil render dapat disimpan dalam media Hardisk, flashdisc, VCD atau DVD dan jangan lupa membuat label judul dan tahun pembuatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: